belajar mengenali tipe Virus Komputer





Virus Komputer adalah sebuah program yang dapat menempelkan dirinya sendiri ke dalam kode program sehingga ketika seseorang menjalankan kode program tersebut maka tanpa sengaja dia juga turut menjalankan kode yang ditempelkan oleh program virus komputer. Kode Virus Komputer juga di rancang untuk memperbanyak dirinya sendiri dan mengindeksi program lain yang menjadi programnya, baik dengan modifikasi atau menganti seluruh program atau hanya menyisipkan sebuah perintah Lompat (Jump) ke bagian yang berisi kode virus. Jadi untuk dapat dianggap bahwa suatu program tersebut sebagai Virus Komputer dapat di rumuskan sbb :

a. Dapat di jalankan tanpa interfensi dari korban yang kemudian akan menciptakan efek.
b. Memiliki kemampuan untuk menginfeksi dan memodifikasi file lain atau struktur disk
c. Mampu memperbanyak dirinya sendiri sehingga ia dapat menyebar ke file.

Kebanyakan virus merusak, tetapi tidak semuanya merusak. Ada juga beberapa virus komputer yang hanya menampilkan pesan atau hanya menyembunyikan data. Tetapi tetap saja kita harus waspada karena kita tidak dapat berspekulasi kehilangan data yang sangat penting.


Tipe-Tipe Program yang Mirip dengan Virus :

  • Worm adalah sebuah program yang tidak menulari program lain tetapi ia berdiri sendiri sebagai sebuah program yang memiliki kemampuan untuk menyebarkan dirinya sendiri ke komputer lain yang terkoneksi dalam jaringan. Sebutan Worm ( Write Once, Read Many).
  • Trojan Horses adalah sebuah program yang di buat untuk “memperdayai” si korban. Ketika program Trojan horses di jalankan maka ia tidak hanya menjalankan program yang asli tetapi ia juga menjalankan procedure lain yang terdapat program (misalnya membuka lubang-lubang kelemahan sistem) yang bekerja tanpa diketahui oleh si korban. Program-program trojan horses biasanya menggunakan nama-nama file yang umumnya di miliki oleh operating system, misalnya jika Anda melihat sebuah file dengan nama Notepad.exe padahal program trojan horses maka dengan segera anda dapat mengasumsikan bahwa program tersebut berupa program editor akan tetapi sebenatnya pada saat anda menjalankan ptogram tersebut, ternyata program tersebut menjalankan operasi penghapusan file. Program ini bekerja dengan memamfaatkan kelemahan psikologi manusia yang mudah tertarik pada hal yang “menjanjikan dan umum” tanpa menyelidiki terlebih dahulu.
  • Dropper adalah sebuah program yang di gunakan untuk menginstal atau menghantar sebuah virus pada komputer korban. Hampir sama dengan yang di lakukan oleh Trojan akan tetapi pada saat program ini di jalankan maka ia akan melepas virus yang akan menyerang file-file lainnya. Dropper dapat kita gambarkan bagai seekor induk ular yang membawa telurnya ke dalam sarang korban dan telur tersebut akan berkembang menjadi ular yang akan memangsa korbannya.
  • Program Joke adalah sebuah program yang di buat untuk menakut-nakuti pengguna komputer dengan menampilkan kondisi seolah-olah telah terjadi kerusakan data atau serangan virus atau tampilan yang menunjukkan bahwa hard disk anda tidak di kenali lagi.
  • Bug adalah kesalahan yang terjadi pada program. Hal ini dapat menjadi masalah serius jika ternyata kerusakan akibat bug ini mengakibatkan kerusakan data atau kehilangan data yang penting yang anda miliki. Bug umumnya terjadi akibat kesalahan programmer yang tidak sengaja mengakibatkan kesalahan logika program ataupun kesalahan sintaks program yang di gunakan
Tipe-Tipe Virus :
  • Virus Boot Sector atau sering di sebut juga virus boot record, di mana virus ini menyerang program boot yang tersimpan pada setiap bootable (media yang dapat di gunakan sebagai media booting) hard disk. Di mana boot program ini di jalankan oleh sistem ketika pertama kali PC di boot sehingga hal ini merupakan tempat yang menarik bagi pembuat virus dengan “menguasai” lokasi tersebut dengan kode virus yang mereka buat sebab akan selalu di jalankan setiap kali PC melakukan booting sehingga mereka memiliki kontrol penuh terhadap keseluruhan sistem.
  • Virus File : Menyerang dan memodifikasi file-file program, yang biasanya berakhiran .EXE ataupun .COM tapi tidak tertutup kemungkinan dengan makin berkembangnya teknologi virus ia juga turut menginfeksi file unit atau library yang merupakan bagian dari file utama di mana file tersebut program yang di butuhkan oleh program utama. Virus ini bekerja ketika file program tersebut di jalankan dan virus ini dapat meload dirinya sendiri ke memory atau sering di istilahkan TSR ( Terminate and Stay Resident ).
  • Virus Macro : Virus ini mulai di kenal sejak Microsoft Office memperkenalkan macro sebagai bahasa tambahan yang dapat di pergunakan untuk mempermudah pekerja pada program-program office seperti Ms.Word, Ms.Excel dan sebagainya. Seiring dengan perkembangan kemampuan bahasa macro yang tidak hanya menyediakan fungsi-fungsi tertentu saja bahkan telah dapat menyerupai kemampuan bahasa programan yaitu Visual Basic Application sehingga memungkin memungkinkan bagi para pembuat virus untuk menggunakan kemampuan tersebut untuk membuat program-program berbahaya yang berfungsi sama dengan virus. Virus ini banya di temukan pada file-file dokumen yang di buat oleh Ms.Word.
Berikut ini adalah Cara Cepat Membasmi Virus Macro :

1. Ganti nama File Anda misalnya nama file Data1.doc menjadi Data1.txt

2. Buat file baru di Ms Word, insert file Data1.txt

3. SaveAs dengan nama lain, misalnya Data12.doc

Post a Comment

0 Comments