Tips belajar Sharing Folder Agar Aman dari Ancaman Virus





Sharing Folder merupakan salah satu pemanfaatan dari sebuah Jaringan Komputer. Dengan sharing folder ini Anda bisa berbagi data ataupun sebuah aplikasi ke semua komputer yang terhubung dalam jaringan komputer yang sama. Dibalik manfaatnya tersebut, sharing folder juga dimanfaatkan oleh pembuat virus untuk menyebarkan sebuah virus ke semua komputer yang terhubung jaringan dengan cara memanfaat kelemahan dari user yang tidak tahu cara mensharing folder dengan cara yang aman. Berikut adalah Tips Sharing Folder Agar Aman dari Ancaman Virus :

1. Pilihlah Folder yang ingin disharing.
2. Kemudian klik kanan folder tersebut, pilih Properties.

3. Terdapat 3 menu ketika Anda memilih properties, pilih menu Sharing dan klik If you understand the security risks but want to share files without running the wizard, click here
4. Setelah itu akan muncul sebuah option, pilih option Just enable file sharing.
5. Pada Network Security pilih Option Share this folder on the network. Option Allow network users to change files inilah yang dimanfaatkan pembuat virus untuk menyebarkan virusnya. Ilustrasi masalah penyebarannya sebagai berikut : "Jika komputer A terinfeksi virus dan komputer B sedang melakukkan sharing folder dengan mengambil option Share this folder on the network dan Allow network users to change files ketika komputer A mengambil atau sekedar mengklik file yang berada di folder sharing tersebut maka dengan otomatis virus akan masuk ke dalam folder sharing atau ke dalam komputer B tersebut."
6. Setelah memilih Option Share this folder on the network, klik Apply kemudian OK. Tampilan Folder akan berubah seperti ilustrasi dibawah ini dan Proses Sharing Folder selesai.
Semoga Anda bisa berkomputer dengan nyaman dan terjauhkan dari Ancaman Virus.

Post a Comment

0 Comments